PENGUATAN NILAI-NILAI SUFISME DALAM NYADRAN SEBAGAI KHAZANAH ISLAM NUSANTARA
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Bayu Fermadi. (2018). “Humanisme sebagai Dasar Pembentukan Etika Religius dalam Perspektif Ibnu Atha’illah Al-sakandari.†Islam Nusantara, 2, 72–89.
Choerul Anam. (2017). “Tradisi Sambatan dan Nyadran di Dusun Suruhan.†SABDA: Journal of Cultural Analysis, 12. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/sabda.v12i1.15255
Fadlil Yani Ainusyamsi. (2009). “Internalisasi Nilai-Nilai Sufistik Melalui Musikalisasi Qashidah Burdah.†EDUCATIONIST, III, 49–58.
Hasan Baharun, Mohammad Bahrul Ulum, A. N. A. (2018). Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Tradisi Ngejot: Konsep Edukasi dalam Membangun Keharmonisan dan Kerukunan Antarumat Beragama Berbasis Kearifan Lokal. FENOMENA : Jurnal Penelitian, 10(1), 1–26.
HS, A. (2015). “Tasawuf Sosial dan Solusi Krisis Moral.†Ijtimaiyya: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 8.
Ibda, H. (2018a, June). “Nyadran dan Penguatan Nasionalisme.†Nu.or.id.
Ibda, H. (2018b, August). “Penguatan Tasawuf Sosial Lewat Nyadran.†Filsafatilmu.filsafat.ugm.ac.id.
Ichmi Yani Arinda R. (2014). “Sedekah Bumi (Nyadran) sebagai Konvensi Tradisi Jawa dan Islam Masyarakat Sraturejo Bojonegoro.†El Harakah, IV, 100–110. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.18860/el.v16i1.2771
Jamil. (2007). Cakrawala Tasawuf, Sejarah, Pemikiran dan Kontektualitas (1st ed.). Jakarta: Gaung Persada Press.
Mark R Woodward. (2017). Islam Jawa ; Kesalehan Normatif Versus Kebatinan (1st ed.). Yogyakarta: Ircisod.
MKD, T. P. (2001). Akhlak Tasawuf. Surabaya: IAIN Sunan Ampel.
Mohammad Wardi. (2014). “Internalisasi Nilai-Nilai Sufisme dan Tarekat dalam Pendidikan Islam.†Urwatul Wutsqa, 3.
Mujamil Qomar. (2014). “Ragam Pengembangan Pemikiran Tasawuf di Indonesia.†Episteme, 9, 249–284. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21274/epis.2014.9.2.249-284
Mukhlis Mubarok. (2017). “Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Tradisi Nyadran di Blambangan, Gedangan, Cepogo, Boyolali Tahun 2017.†IAIN Surakatar.
Pratama, R. K. (2017, December). “Spirit Beragama Lewat Musik: KiaiKanjeng dalam Teropong Barat.†Caknun.com.
Sahibuddin. (2014). “Dinamika Tasawwuf dalam Dunia Modern.†Jurnal Al-Ulum, 2, 1–16.
Said Aqiel Siradj. (2013). “Tasawuf sebagai Basis Tasamuh: dari Social Capital menuju Masyarakat Moderat.†Al-Tahrir, 13, 87–106. https://doi.org/https://doi.org/10.21154/al-tahrir.v13i1.8
Samkhun Naji. (2014). “Kandungan Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Tasawuf.†UIN Syarif Hidayatullah.
Sholikin, M. (2011). Ritual & Tradisi Islam Jawa (1st ed.). Yogyakarta: Narasi.
Sumbulah, U. (2012). “Islam Jawa dan Akulturasi Budaya: Karakteristik, Variasi dan Ketaatan Akspresif.†El-Harakah, 14. https://doi.org/http://doi.org/10.18860/el.v0i0.2191
Syaikh Fudhlallah Haeri. (2000). Jenjang-Jenjang Sufisme (1st ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Yuniastuti, T. I. N. S. W. (2013). “Tradisi Nyadran Sebagai Wujud Pelestarian Niiai Gotong-Royongpara Petani di DAM Bagong Kelurahan Ngantru, Kecamatan Trenggalek, Kabupaten Trenggalek.†Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 2.
Yusof, K. A. (2016). “Relasi Islam dan Budaya Lokal: Studi Tentang Tradisi Nyadran di Desa Sumogawe Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang.†Kontemplasi, 4, 51–74. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21274/kontem.2016.4.1.
DOI: https://doi.org/10.33852/jurnalin.v2i2.92
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Hamidulloh Ibda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.